KESULITAN SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING DI SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Isnaini, Dyah (2020) KESULITAN SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING DI SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DYAH ISNAINI 23070160082-NASKAH JADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Isnaini, Dyah. 2020. Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kesulitan siswa; pembelajaran matematika daring Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis daring pada kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang tahun pelajaran 2019/2020 dan apa saja kesulitan siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika berbasis daring SMP Negeri 2 Tuntang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dipadukan sudut pandang kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan kepada siswa kelas VII serta wawancara dengan guru matematika kelas VII. Hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis daring terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pendahuluan berisi pemberian motivasi dan penyiapan mental serta psikis siswa. Kegiatan inti yaitu penyampaian materi dengan mengirim link video pembelajaran yang diunggah ke Youtube melalui Kaizala, sesi pertanyaan siswa dan diskusi, serta pemberian tugas tertulis melalui Kaizala. Pembelajaran diakhiri dengan kuis melalui Google Form lalu penutup; dan 2) kesulitan siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika berbasis daring diantaranya kesulitan teknis (62,56%); serta kesulitan proses pembelajaran matematika (62,14%). Siswa tidak mengalami kesulitan eksternal berupa dukungan keluarga dan sekolah (49,03%).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2020 08:41
Last Modified: 28 Oct 2020 08:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9689

Actions (login required)

View Item View Item