ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN PADA TAKSONOMI BLOOM REVISI

Prastica, Febriana Rica (2020) ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN PADA TAKSONOMI BLOOM REVISI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI FEBRIANA RICA PRASTICA (SKRIPSI).pdf

Download (8MB)

Abstract

Prastica, Febriana Rica, 2020. Analisis Soal Dalam Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Semester I Berdasarkan Pada Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom M.Sc. Kata Kunci : Analisis Soal, Buku Teks Matematika, Taksonomi Bloom Revisi. Buku teks matematika merupakan bahan ajar mata pelajaran matematika yang disusun secara sistematis berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai buku pegangan siswa untuk kelas VII semester 1 dengan tujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami tingkat proses kognitif pada soal yang terdapat dalam buku ajar matematika SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik matematika kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Analisis butir soal dilakukan menggunakan Taksonomi Bloom Revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam (6) Tingkat Proses Kognitif menurut Taksonomi Bloom Revisi, Soal Uji Kompetensi 1, Uji Kompetensi 2, Uji Kompetensi 3 dan Uji Kompetensi 4 dalam Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terdapat C1 (Menginat) sebanyak 0 butir soal, C2 (Memahami) sebanyak 4,94% (4 butir soal), C3 (Mengaplikasikan) sebanyak 69,14% (56 butir soal), C4 (Menganalisis) sebanyak 24,69% (20 butir soal), C5 (Mengevaluasi) sebanyak 1,23% (1 butir soal) dan C6 (Menciptakan) tidak ada sama sekali.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2020 21:02
Last Modified: 01 Nov 2020 14:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9729

Actions (login required)

View Item View Item