Analisis Soal Uji Kompetensi pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Kurikulum 2013 Berdasarkan Ranah Kognitif dalam Taksonomi Bloom

NURSYAIDAH, (2020) Analisis Soal Uji Kompetensi pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Kurikulum 2013 Berdasarkan Ranah Kognitif dalam Taksonomi Bloom. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ACC SKRIPSI Nursyaidah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal uji kompetensi semester 1 dan soal uji kompetensi semester 2 pada buku siswa matematika kelas VIII kurikulum 2013 berdasarkan dimensi proses kognitif dalam revisi taksonomi bloom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal uji kompetensi semester 1 dan soal uji kompetensi semester 2 pada buku siswa matematika kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi berupa pedoman analisis soal berdasarkan tingkat kognitif dalam taksonomi bloom. Data yang diperoleh juga dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan triangulasi. Dalam proses triangulasi dilakukan bersama guru Mata Pelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, soal uji kompetensi semester 1 pada buku siswa matematika kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 menunjukkan persentase 10% atau terdapat 3 pertanyaan pada tingkat mengingat (C1); 33,33% atau terdapat 10 pertanyaan pada tingkat memahami (C2); 50% atau terdapat 15 pertanyaan pada tingkat menerapkan (C3); 6,67% atau terdapat 2 pertanyaan pada tingkat menganalisis (C4); 0% atau tidak ada pertanyaan yang memenuhi tingkat menilai (C5) dan mencipta (C6). Kedua, soal uji kompetensi semester 2 pada buku siswa matematika kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 menunjukkan persentase 3,03% atau terdapat 1 pertanyaan pada tingkat mengingat (C1) dan mencipta (C6); 21,21% atau terdapat 7 pertanyaan pada tingkat memahami (C2); 72,73% atau terdapat 24 pertanyaan pada tingkat menerapkan (C3), 0% atau tidak ada pertanyaan yang memenuhi tingkat menganalisis (C4) dan menilai (C5). Dari kedua hasil persentase dapat disimpulkan bahwa soal uji kompetensi semester 1 dan soal uji kompetensi semester 2 pada buku siswa matematika kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 sudah memenuhi tujuan dari penyelenggaraan uji kompetensi, namun soal tersebut masih memiliki penyebaran tingkat kesulitan soal yang belum sempurna sesuai dengan tingkat kognitif dalam taksonomi bloom.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2020 14:51
Last Modified: 04 Nov 2020 08:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9749

Actions (login required)

View Item View Item