IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MI AN NUR SIGEDONG KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

RAHMASARI, YUNITA NUR (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MI AN NUR SIGEDONG KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
revisi Yunita Nur Rahmasari 23040160195.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmasari, Yunita Nur. 2020. Implementasi pembelajaran online di MI An Nur Sigedong Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung Tahun ajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran online dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implemtasi pembelajaran online ini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, ketergantungan, keteralihan dan tringgulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran online di MI An Nur Sigedong sebagai berikut: tahap perencanan, guru membuat peta pengajaran yang rinci dan akurat tentang sebaran materi yang akan dilaksanakan selama Covid. Sumber materi yang digunakan berupa materi yang didapat dari buku paket, serta meminta para guru untuk bekerjasama mengatur jadwal sehingga beban tugas peserta didik tidak terlalu menumpuk. Untuk RPP sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum pembelajaran dilaksanakan adapun RPP ini hanya sebagai pedoman saja untuk pelaksanaanya tidak bisa sama persis dengan RPP karena Daring tentu banyak kekurangan. Tahap pelaksanaan, dalam pelaksanaan pembelajaran online di MI An Nur Sigedong biasanya bapak ibu guru dengan cara share materi lewat group, sumber materi yang digunakan berupa materi yang terdapat dari buku paket siswa, kemudian ada juga guru yang membuat konsep ceramah online, apabila yang kurang faham dengan materi yang disampaikan bisa ditanyakan dengan cara telpon atau chat pribadi. Tahap evaluasi, untuk mengukur keberhasilan siswa dalam belajar guru memberikan tugas dengan cara share tugas lewat group, kemudian setiap seminggu sekali siswa diminta untuk datang ke sekolah guna mengumpulkan tugas. Kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran online di MI ini yaitu kualitas jaringan internet yang sangat sulit mengingat tempatnya yang berada dipegunungan sehingga saat guru memberikan materi atau bahan ajar tidak maksimal kemudian kesadaran siswa untuk belajar mandiri masih kurang. Faktor pendukungnya yaitu kerjasama antara guru dan orang tua sangat baik sehingga memudahkan guru dalam mengawasi siswa melakukan pembelajaran online

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2020 21:53
Last Modified: 02 Nov 2020 21:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9754

Actions (login required)

View Item View Item