IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOSIAL KEAGAMAAN DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA SALATIGA TAHUN 2020

Chasanah, Hanifah (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOSIAL KEAGAMAAN DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA SALATIGA TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI Hanifah Chasanah pdf 23010160093.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Chasanah, Hanifah. 2020. Implementasi Pendidikan Sosial Keagamaan dan Kewirausahaan pada Santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Mas’ud, M.Pd.I Kata Kunci: Pendidikan Sosial Keagamaan; Pendidikan Kewirausahaan Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan sosial keagamaan pada santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020, (2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan kewirausahaan pada santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan sosial keagamaan dan kewirausahaan pada santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian Lapangan (Field Research)kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu wawancara dan observasi, sedangkan sumber sekunder yaitu data yang dapat menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pendidikan sosial keagamaan pada santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020 yaitu melakukan beberapa program bertujuan untuk membina dan mendidik perilaku sosial santri dan penerapannya melalui pembiasaan dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Implementasi pendidikan kewirausahaan pada santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020 yaitu program yang dikembangkan di Pondok Pesantren Nurul Asna yakni memproduksi pupuk organik, perikanan dan pertanian. Pengembangan program ini dilakukan langsung oleh santri. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan sosial keagamaan dan kewirausahaan pada santri Pondok Pesantren Nurul Asna Salatiga Tahun 2020 yaitu Faktor pendukung, kinerja pengurus yang baik, adanya interaksi soail yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, dan peran aktif pengasuh. Faktor penghambat, latar belakang santri yang berbeda-beda, kurangnya tenaga pengajar yang kompeten dalam bidangnya, minimnya lahan, alat dan bantuan dari pemerintah, dan Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2020 11:27
Last Modified: 04 Nov 2020 11:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9780

Actions (login required)

View Item View Item