PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVMI MUHAMMADIYAH PAGAK KABUPATEN SRAGEN 2019/2020

ROSADA, ANNISA ULYA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVMI MUHAMMADIYAH PAGAK KABUPATEN SRAGEN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Revisian Annisa Ulya Rosada PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui Model Team Asissted Individualizationberbantu Media Gambarpada Siswa kelas VI MI Muhammadiyah Pagak Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis. Penelitian ini berlokasi di MI Muhammadiyah Pagak Kabupaten Sragen dengan Subjek penelitian adalah 23 siswa yang terdiri dari 10 putra dan 13 putri. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 85% atau lebih dari jumlah siswa memperoleh nilai rata-rata 65 dan rata-rata aktivitas siswa adalah 75% atau lebih dari jumlah siswa dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I dalam kategori baik sedangkan pada siklus II dalam kategori sangat baik. Ini berarti ada perubahan aktivitas siswa kearah yang lebih baik. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata pra siklus adalah 49,22 dengan tingkat ketuntasan 17,39%. Kemudian pada siklus I nilai rata-rata adalah 59,3 dengan tingkat ketuntasan 47,8%, dan pada siklus II nilai rata-rata 72,3 dengan nilai ketuntasan 86,95%. Rata-rata nilai dari prasiklus, siklus I, dan Siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa melalui Model Team Asissted Individualization berbantu Media Gambar dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pagak Kabupaten Sragen dalam pembelajaran IPS.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2020 21:00
Last Modified: 09 Nov 2020 04:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item