STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA SISWA KELAS IV DI MI MA'ARIF KUTOWINANGUN LOR SALATIGA TAHUNPELAJARAN 2019/2020

Amri, Ulyl (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA SISWA KELAS IV DI MI MA'ARIF KUTOWINANGUN LOR SALATIGA TAHUNPELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ULYL AMRI (23040160031).pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI WORD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Amri, Ulyl. 2020. Strategi Guru dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada Siswa Kelas IV di MI Ma'arif Kutowinangun Lor Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata kunci: strategi, guru, dan anak berkebutuhan khusus (abk) Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi siswa ABK, bagaimana strategi guru dalam menangani siswa ABK, serta kendala guru dalam menangani siswa ABK pada siswa kelas IV di MI Ma'arif kutowinangun Lor Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian jenis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala madrasah, guru, siswa, dan wali murid, dan untuk sumber data sekunder yang berupa foto-foto kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas, dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), nilai-nilai hasil ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kondisi siswa ABK pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga berjumlah 6 siswa. Dari kondisi tersebut bisa dilihat dari beberapa aspek diantaranya, berdasarkan aspek kognitif yaitu siswa sulit diatur dan menggunakan bahasa yang tidak sopan terhadap gurunya, berdasarkan sosialnya yaitu siswa ABK merasa dibedakan dengan siswa lainnya sehingga tidak bisa bersosial secara normal, berdasarkan fisiknya yaitu ciri fisiknya sama, yang membedakan hanya perkembangan kemampuan, serta berdasarkan emosionalnya, yaitu memiliki emosional yang tidak stabil, jika mendapat tugas yang membutuhkan pemikiran cepat putus asa. Kedua, strategi guru dalam menangani siswa ABK yaitu disesuaikan dengan kondisi siswa ABK agar bisa mencapai tujuan tertentu dan bisa diterima oleh siswa dengan jelas. Ketiga, kendala guru dalam menangani siswa ABK yaitu berdasarkan faktor dari guru, guru harus membutuhkan waktu, perhatian, dan kesabaran khusus dalam membimbing siswa ABK, berdsarkan faktor dari siswa ABK yaitu mengalami kelambanan belajar dibanding dengan siswa lainnya, faktor dari orang tua yaitu pelampiasan emosi yang salah sehingga anak merasa tidak disayang, faktor dari sarana yaitu berkaitan dengan kemampuan ekonomi orang tua, serta faktor dari metode yaitu tidak ada metode yang bersifat komprehensif yang dapat mencover secara meyeluruh terhadap kebutuhan anak di kelas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:24
Last Modified: 16 Nov 2020 03:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9817

Actions (login required)

View Item View Item