PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MASALAH MENTAL EMOSIONAL SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

ASTUTI, WIDHI (2020) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MASALAH MENTAL EMOSIONAL SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_WIDHI ASTUTI_23040160188.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah intensitas bermain game online terhadap siswa kelas IV di MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020, (2) mengetahui bagaimanakah masalah mental emosional siswa kelas IV di MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020, (3) mengetahui adakah pengaruh intensitas bermain game online terhadap masalah mental emosional siswa kelas IV MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Total. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan perhitungan SPSS for windows versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas bermain game online dalam kondisi tinggi sebanyak 24 siswa (100%) (2) Masalah mental emosional siswa kelas IV MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020 pada umumnya dalam kondisi tinggi sebanyak 24 siswa (100%) (3) Intensitas bermain game online berpengaruh positif dan signifikan terhadap masalah mental emosional siswa kelas IV MI Ma’arif Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020. Semakin tinggi intensitas bermain game online maka akan semakin tinggi pula masalah mental emosional yang alami siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji regresi yang diperoleh nilai lebih besar dari yaitu 15,159 > 4,26 dengan signifikan sebesar 0,001 yang lebih kesil dari taraf signifikansi yaitu 0,05 dan nilai koefisien regresi 0,871. Koefisien determinasi (KD) sebesar 40,8% dan selebihnya 59,2% dipengauhi oleh oleh faktor lain.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:41
Last Modified: 09 Nov 2020 03:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9828

Actions (login required)

View Item View Item