PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENELADANI KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDUN DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Saputro, Anggun fajar (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENELADANI KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDUN DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ANGGUN FAJAR SAPUTRO 2.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fajar Saputro, Anggun, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Meneladani Kepemimpinan Al-Khulafaur Ar-Rasyidin dengan Metode Role Playing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Role Playing Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlangsung di SMP N 3 Salatiga cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa jarang berperan aktif saat pembelajaran berlangsung, siswa lebih memilih untuk mengobrol dengan teman sebangkunya, pembelajaran dikelas lebih menekan pada materi semata tanpa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata siswa, sehingga nilai-nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran PAI kurang memuaskan, hal ini terbukti dengan masih adanya siswa yang nilai rata-ratanya 61. Salah satu solusi yang alternative dari permasalahan di atas perlu diterapkan pembelajaran yang dapat mengaitkan antara materi pembelajaran dengan dunia nyata, maka siswa dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Pembelajaran Role Playing merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan potensi anak secara menyeluruh dan dapat membangun keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Salatiga sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa Penerapan Pendekatan Pembelajaran Role Playing pada materi Meneladani Kepemimpinan Al-Khulafaur Ar-Rasyidin dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil setiap siklusnya yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dimana pada pra siklus ada 9 siswa atau 32,14% yang dinyatakan tuntas, siklus I sebesar 60,71% atau 17 siswa yang dinyatakan tuntas, dan siklus II sebesar 92,85% atau 26 siswa yang dinyatakan tuntas. Hasil tersebut telah melampaui KKM individu yaitu 75 dan telah melampaui indikator keberhasilan yaitu mencapai 85%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:59
Last Modified: 22 Dec 2020 03:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9836

Actions (login required)

View Item View Item