KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI MIN SALATIGA

, Irfan Antorida (2020) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI MIN SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Irfan Antorida 23040160089 PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Antorida, Irfan. 2020. Keterampilan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Terhadap Hasil Belajar Tematik di MIN Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. H. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Media Pembelajaran Digital, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru terhadap hasil belajar Tematik di MIN Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara dengan wali kelas 5A di MIN Salatiga. Prosedur pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisa dengan cara reduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, menfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dalam proses pelaksanaan peneliti mereduksi data hasil wawanara dari informan, kemudian dipilih hal-hal yang penting untuk dijadikan data yang berkaitan dengan penelitian. Setelah itu peneliti melakukan penyajian data dan yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital pada masa AKB di MIN Salatiga bahwa keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital sangat bagus, variatif, menarik, dan inovatif oleh guru. Dapat dilihat dari berbagai media digital yang digunakan dan pemanfaatannya dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MIN Salatiga. Antara lain guru setiap pagi memulai pembelajaran pada jam 07.30 setelah melakukan shalat dhuha di rumah masing-masing, kemudian guru memberikan materi, tugas, dan link absen online melalui grup wa kelas 5. Absen siswa mengklik link dari guru lalu masuk ke google from siswa mengisi sesuai nama dan no absen, untuk tugas harian siswa mengirimkan ulang pesan wa dari guru apabila tugas telah selesai maka diberikan emotikon bendera Indonesia disamping list tugas dan apabila belum menyelesaikan tugas diberikan emotikon X merah disamping list tugas tersebut. Hapalan surat pendek siswa mengirim lewat Voice Note lalu dikirim lewat wa. Keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital, ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dapat dibuktikan dari jawaban wawancara guru kelas, yaitu; Rasa ingin tau tinggi, lebih tertarik, prestasi meningkat, tugas selesai tepat waktu. Nilai bagus, siswa lebih bisa menghargai waktu, menumbuhkan sikap disiplin, mempunyai rasa tanggung jawab tinggi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 13:33
Last Modified: 09 Nov 2020 06:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item View Item