KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2018/2019)

Widayati, Nur (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2018/2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NUR WIDAYATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Widayati, Nur. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bergas Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Winarno, S. Si., M. Pd. Kata Kunci: Keefektifan; Model Pembelajaran; Think-Talk-Write (TTW); Kemampuan Komunikasi Matematik; Modul; Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah yakni ingin mengetahui seberapa besar keefektifan melalui: 1) mengetahui rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMP N 1 Bergas melalui pembelajaran model Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar dapat mencapai KKM, 2) mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMP N 1 Bergas yang memperoleh pembelajaran model Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan teknik purposive sampling ditentukan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran TTW berbantuan modul bangun ruang sisi datar dan VIII-H sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran ekspositori. Data penelitian ini berupa data kemampuan komunikasi matematik dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar mencapai KKM, rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model pembelajaran ThinkTalk-Write (TTW) berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar lebih tinggi dari rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Dan rata-rata hasil posttest kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar lebih baik dari rata-rata hasil posttest kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Dengan demikian pembelajaran dengan model Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Modul Bangun Ruang Sisi Datar efektif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 15:27
Last Modified: 09 Nov 2020 15:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9855

Actions (login required)

View Item View Item