IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI DIRI BAGI TUNANETRA DI KOMUNITAS SAHABAT MATA MIJEN SEMARANG TAHUN 2020

SA`ADATI, SYAIFATUS (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI DIRI BAGI TUNANETRA DI KOMUNITAS SAHABAT MATA MIJEN SEMARANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SYAIFATUS SA'ADATI 23010160161 FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Syaifatus, Sa’adati. 2020. Implementasi Kegiatan Keagamaan dan Pengembangan Potensi Diri bagi Tunanetra di Komunitas Sahabat Mata Mijen Semarang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Pengembangan Potensi Diri Tujuan dari penelitian ini ada tiga hal, yaitu: (1) mendeskripsikan kegiatan keagamaan bagi tunanetra. (2) mendeskripsikan pengembangan potensi diri bagi tunanetra. (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan hambatan dalam proses kegiatan keagamaan dan pengembangan potensi diri bagi tunanetra di Komunitas Sahabat Mata Mijen Semarang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatf. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dalam penelitian ini dilakukan secara langsung dari hasil wawancara antara penulis dengan para narasumber serta melalui observasi.dan sumber data sekunder yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini berupa dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan keagamaan dalam Komunitas Sahabat Mata diantaranya: program tahfidz al-Quran, ngaji urip, pengajian setiap malam, dan sima’an al-Quran. (2) pengembangan potensi yang dibantu oleh Komunitas Sahabat Mata memiliki manfaat yang signifikan bagi tunanetra diantaranya: memiliki praktik panti pijat, menjadi mentor pembelajaran al-Quran Braille, dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keterampilannya. (3) faktor pendukung yang mendorong Komunitas Sahabat Mata yaitu: pemimpin yang inspiratif, dukungan orang terdekat untuk memotivasi, minat dan motivasi peserta didik untuk menggali potensi yang dimiliki. Sedangkan hambatan yang dihadapi Komunitas Sahabat Mata diantaranya: sikap pasrah tunanetra, kurangnya perhatian dari pemerintah, terbatasnya dana, sarana dan prasarana.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2020 13:44
Last Modified: 10 Nov 2020 13:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item