PENDIDIKAN NILAI-NILAI PLURALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMA N 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Athifah, Amalia Ullayya (2020) PENDIDIKAN NILAI-NILAI PLURALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMA N 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
001. SKRIPSI AMALIA ULLAYYA ATHIFAH 23010150305.pdf

Download (6MB)

Abstract

Athifah, Amalia Ullayya. 2020. Pendidikan Nilai-Nilai Pluralisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SMA N 1 Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: H. Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I Kata Kunci: Pluralisme, Pendidikan Agama Islam, Aksi kekerasan dewasa ini masih kerap terjadi terutama dikalangan pemuda. Sebab, realitas yang tidak dapat dipungkiri dengan adanya pluralitas, sedikit banyak pasti akan menimbulkan berbagai persoalan, karena perbedaan dipandang sebagai sumber suatu masalah. Maka, penting bagi anak usia muda tak terkecuali siswa SMA untuk mendapatkan pendidikan serta bimbingan yang tepat mengenai pluralitas sebagai tindakan preventive atas ketelibatan mereka dalam gerakan radikal maupun konflik lainnya. Dengan demikian Pendidikan Agama Islam dibutuhkan sebagai pendidikan alternatif untuk mengantisipasi konflik antar kelompok masyarakat yang plural, karena pada dasarnya pendidikan agama Islam merupakan muatan kurikulum yang diorientasikan sebagai penguatan nilai-nilai moral dan kemanusiaan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, adalah 1) Untuk mengetahui apa saja pendidikan nilai-nilai pluralisme yang dikembangkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bringin. 2) Untuk mengetahui bagaimana aktualisasi pendidikan nilai-nilai pluralisme melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1. Pendidikan nilai-nilai pluralisme yang dikembangkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bringin yaitu: nilai-nilai pluralisme dalam aspek a) agama, tersirat dalam materi toleransi pada kelas XI, b) budaya tersirat dalam materi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia pada kelas XII, c) politik tersirat dalam materi berpikir kritis dan bersikap demokratis pada kelas XII, d) hubungan sosial, tersirat dalam materi ukhwah/ persaudaraan pada kelas X, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja pada kelas XI, dan berbuat baik terhadap sesama pada kelas XII, hormat dan patuh kepada guru pada kelas XI. 2. Aktualisasi pendidikan nilai-nilai pluralisme melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bringin diantaranya: nilai-nilai pluralisme dalam aspek a) agama, tercermin dalam kegiatan keagamaan, b) budaya tercermin dalam pembiasaan budaya-budaya lokal, c) politik tercermin dalam upacara bendera dan pembiasaan sikap demokratis, d) hubungan sosial, tercermin dalam kegiatan sosial, pembelajaran dan penilaian sikap melalui mata pelajaran.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2020 09:57
Last Modified: 11 Nov 2020 03:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9904

Actions (login required)

View Item View Item