IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI UMAT BERAGAMA SISWA DI SMK N 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SARI, ELIZA AYU PERMATA (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI UMAT BERAGAMA SISWA DI SMK N 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi ELIZA AYU P (23010160190) revisi-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permatasari, Eliza Ayu. 2020. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dalam Membina Sikap Toleransi Umat Beragama Siswa di SMK N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Ma Arum, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Multikultural, Sikap Toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI yang berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga? (2) Apa saja faktor pendukung implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga? (3) Apa saja faktor penghambat implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati objek, wawancara untuk mencari informasi dari responden, dan dokumentasi untuk bukti penelitian. Sumber data terdiri dari sumber data primer, yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga sudah sesuai dengan kurikulum PAI. Strategi guru PAI dalam memberikan keteladanan kepada siswa melalui materi keagamaan. Menggunakan metode-metode pembelajaran yang kreatif sehingga seperti debat dan diskusi. Mengajarkan pembelajaran di luar kelas seperti kegiatan-kegiatan hari besar, ekstrakurikuler, dan organisasi sekolah. (2) Faktor pendukung antara lain: (a) Sudah menyediakan tenaga pendidik untuk agama nonmsulim (b) Sarana prasarana cukup memadai (c) Adanya kebijakan dari pihak sekolah untuk siswa nonmuslim diberikan kebebasan untuk tetap tinggal di dalam kelas saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung. (3) Faktor penghambatnya antara lain: (a) Ruang kelas untuk agama lain belum ada (b) Persepsi antar guru belum sama (c) Kapasitas keilmuan untuk guru PAI masih kurang (d) Sisi pembiayaan masih kurang (e) Kurangnya dukungan dari orang tua.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2020 10:06
Last Modified: 11 Nov 2020 10:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9907

Actions (login required)

View Item View Item