PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA (HASAD, TAKABUR, RIYA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X IIS KH. AS’AD SYAMSUL ARIFIN MA SUNAN KALIJAGA BAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nisrokhah, Eka (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA (HASAD, TAKABUR, RIYA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X IIS KH. AS’AD SYAMSUL ARIFIN MA SUNAN KALIJAGA BAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Eka Elek 1 (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

Nisrokhah, Eka. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Tercela (Hasad, Takabur, Riya) dengan Menggunakan Metode Talking Stick pada Siswa Kelas X IIS KH. As’ad Syamsul Arifin MA Sunan Kalijaga Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag. Kata Kunci : Hasil Belajar, Aqidah Akhlak, dan Metode Talking stick Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi akhlak tercela (hasad, takabur, riya) pada siswa kelas X IIS KH. As’ad Syamsul Arifin tahun 2019/2020. Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat siswa yang nilainya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu rendahnya minat dan motivasi sehingga siswa kurang bersemangat dan ada yang cepat bosan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua sikls. Setiap siklusnya melewati empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil setiap siklusnya mengalamai peningkatan. Pada siklus I memperoleh hasil data 15 peserta didik yang tuntas atau dalam persentase sejumlah 41%. Kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sejumalah 33 siswa yang tuntas atau dalam persentase 89%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan telah berhasil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 13:00
Last Modified: 12 Nov 2020 13:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9926

Actions (login required)

View Item View Item