PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NU 31 JATIPURWO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Haq, Zainul (2020) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NU 31 JATIPURWO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Zainul Haq 23040160038 pgmi 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Haq, Zainul. 2020. Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU 31 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. H. Sumarno Widjadipa, M. Pd. Kata Kunci: peran guru dan orang tua; pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dan orang tua, faktor pendukung dan faktor penghambat guru dan orang tua dalam meningkatkan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI NU 31 Jatipurwo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi metode, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Dalam pembelajaran daring di MI NU 31 Jatipurwo guru dan orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar diantaranya 1.Peran guru adalah membimbing dan mengarahkan siswa agar tercapai tujuan pembelajaran yang telah disepakati 2.peran orang tua yaitu memfasilitasi siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik seperti memfasilitasi hp untuk proses pembelajaran 3.Faktor pendukung adalah turut mendorong, menyokong, melancarkan, menunjang, membantu, mempercepat dan sebagainya terjadinya sesuatu Faktor penghambatMasih banyak siswa maupun orangtua yang tidak memiliki alat komunikasi (smartphone) yang memadai untuk berlangsungnyapembelajaran daring, ini tentu dapat menghambat proses pembelajaran daring.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 13:40
Last Modified: 12 Nov 2020 13:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item