HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGA PRESATASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTsN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Ningsih, Ananda Desy Puspita (2020) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGA PRESATASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTsN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Ananda Desy Puspita Ningsih_23070160087_Bab 1 -5_skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Desy, Ananda. 2020. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII MTsN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatitiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Hubungan, Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: 1) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika; 2) kebiasaan belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika; 3) kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan ex post facto yang dilaksanakan di MTsN 1 Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni-juli 2020. Dengan populasi sebanyak 300 siswa diambil sempel sebanyak 45 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi pearson dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dilihat dari nilai sig. 0,179 > 0,05 dan korelasi pearson – 0,204; 2) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dilihat dari nilai sig. 0,518 > 0,05 dan korelasi pearson - 0,099; 3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar peserta didik pada pelajaran matematika dilihat dari nilai 1,338 lebih kecil dari 3,22 dan nilai sig. 0,273 > 0,05. Tidak terdapatnya hubungan positif dan signifikan di karenakan lemahnya pengelolaan kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika di MTsN 1 Surakarta.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 13:53
Last Modified: 12 Nov 2020 13:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item