ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PUTRADARMA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA TERPADU PADA MASA PANDEMI COVID-19

SUBIAKTO, AMELIA RIZKA PRATIWI (2020) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PUTRADARMA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA TERPADU PADA MASA PANDEMI COVID-19. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FIX_Amelia Rizka Pratiwi Subiakto_23060160005-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Subiakto, Amelia. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Putradarma Terhadap Mata Pelajaran IPA Terpadu Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Minat belajar siswa; mata pelajaran IPA; pandemi covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Islam Putradarma terhadap mata pelajaran IPA Terpadu pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data digunakan sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Serta pengecekan keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dapat ditinjau dari beberapa indikator, yaitu: perasaan senang, ketertarikan siswa, penerimaan (perhatian dan konsentrasi terhadap guru), dan keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil pada tiap indikator, minat belajar siswa kelas VIII SMP Islam Putradarma terhadap mata pelajaran IPA Terpadu pada masa pandemi covid-19 terbilang baik, namun masih ada hal yang perlu ditingkatkan supaya semakin baik secara keseluruhan. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terdapat dua faktor, yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Untuk faktor pendukung yakni: faktor internal siswa, metode pembelajaran yang diterapkan guru serta peran dari guru dan orang tua yang selalu mendukung dan memotivasi. Sedangkan faktor penghambat yakni: materi yang menurut siswa sulit, terdapat kendala saat proses pembelajaran secara daring yakni sinyal, jaringan, dan kuota internet, selain itu terdapat pula gangguan yang ditimbulkan dari aplikasi pembelajaran yang digunakan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 14:18
Last Modified: 12 Nov 2020 14:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

View Item View Item