PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS DI SMP YA BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021)

ABSARI, SARAH ARANI NURI (2020) PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS DI SMP YA BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
sarah fixed-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Absari,Sarah Arani. 2020. Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Saiful Marom, M.Sc. Kata kunci: pembelajaran daring; sekolah berbasis pesantren; Covid-19 Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui konsep pembelajaran daring di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap. (2) Untuk mengetahui proses pembelajaran daring di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap. (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran daring di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap. (4) Untuk mengetahui hasil belajar daring di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan penelitian ini sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknis analisis interaktif dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA Terpadu di sekolah berbasis pesantren di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap dilakukan dengan berbagai cara sesuai kondisi peserta didik. Sekolah mengadakan pembelajaran secara daring untuk peserta didik yang tinggal dirumah, dan pembelajaran daring semi luring untuk peserta didik yang tinggal di pondok pesantren. Proses evaluasi yang diterapkan sekolah untuk pesera didik yang tinggal di rumah dilakukan secara daring sepenuhnya, untuk pesera didik yang tinggal di pondok pesantren menyesuaikan kebijakan pondok pesantren. Hasil pembelajaran daring dari nilai akhir menunjukan seluruh peserata didik telah melampaui nilai KKM sekolah 65 dengan nilai rata rata hasil belajar peserta didik 78.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 14:30
Last Modified: 12 Nov 2020 14:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9935

Actions (login required)

View Item View Item