PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR PADA MASA SCHOOL FROM HOME (SFH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurjanah, Anisa (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR PADA MASA SCHOOL FROM HOME (SFH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Anisa Nurjanah 23070160102 Tadris Matematika.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nurjanah, Anisa. 2020. Pengaruh Kebiasaan Belajar Pada Masa School From Home (SFH) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar; SFH (School From Home); Prestasi Belajar Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebiasaan belajar pada masa School From Home (SFH) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau Mixed Methods dengan menggunakan model Explanatory Mixed-Method Design. Responden penelitian berjumlah 75 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur variabel kebiasaan belajar pada masa SFH, dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar matematika, dan pedoman wawancara untuk penguat hasil data kuantitatif. Pada uji coba angket kebiasaan belajar pada masa SFH diperoleh 18 item pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,792. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak berpengaruh secara signifikan antara kebiasaan belajar pada masa SFH terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai yaitu 0,090<0,227 artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan, nilai < yaitu 0,775< 1,993 dan signifikansi sebesar sign 0,441>0,05. Besar pengaruh yang dapat diberikan variabel kebiasaan belajar pada masa SFH terhadap prestasi belajar matematika hanya sebesar 0,8%, dan sisanya sebesar 99,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dengan persamaan regresinya adalah Y’=63.479+0,188X. Hasil tersebut disertai dengan kebiasaan belajar siswa pada masa SFH yang didominasi dengan mendengarkan musik, mempunyai inisiatif dalam mempelajari matematika secara mandiri yang didominasi dengan searching. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kebiasaan belajar pada masa SFH terhadap variabel prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 15:05
Last Modified: 12 Nov 2020 15:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item View Item