EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 6 KARANGAYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Nurahmawati, Novia Laili (2020) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 6 KARANGAYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Novia Laili Nurrahmawati_23070150068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurrahmawati, Novia Laili. (2019). Efektivitas Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Segitiga pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 6 Karangayar Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Realistic Mathematic Education, Pendekatan Scientific, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019 pada materi segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Muhammadiyah 6 Karanganyar. Penarikan Sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh sampel siswa kelas VII C dan VII D MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen kuansi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes (pretest posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji t-test yang dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme) dan konvensional. Hasil uji beda rata-rata N-Gain (dalam %) pada kelas eksperimen adalah 56,6355% dan pada kelas kontrol adalah 50,0529%. Hasil uji t-test adalah 0,04 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) efektitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi segitiga pada siswa kelas VII MTs muhammadiyah 6 Karangayar Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2020 10:23
Last Modified: 13 Nov 2020 03:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9946

Actions (login required)

View Item View Item