PELAKSANAAN METODE TARJIM PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI BOARDING SCHOOL SMP ISLAM TERPADU ASSALAM DESA JETIS KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/ 2020

MASRUROH, HESTI (2020) PELAKSANAAN METODE TARJIM PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI BOARDING SCHOOL SMP ISLAM TERPADU ASSALAM DESA JETIS KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/ 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI HESTI MASRUROH 114-14-020 PLUS SCAN GAMBAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih detail mengenai penerapan metode tarjim pada pembelajaran Al-Qur?an di Boarding School SMP Islam Terpadu ASSALAM Kecamatan Bandungan dengan membahas mengenai pelaksanaan metode tarjim pada pembelajaran Al-Qur?an di Boarding School SMP Islam Terpadu ASSALAM Kecamatan Bandungan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur?an dengan metode tarjim dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi foktor penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, VIII, dan kelas IX Boarding School SMP Islam Terpadu ASSALAM Kecamatan Bandungan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di Boarding School SMP Islam Terpadu ASSALAM Kecamatan Bandungan. Hasil penelitian menemukan bahwa Boarding School SMP Islam Terpadu ASSALAM Kecamatan Bandungan dalam menjalankan pembelajaran Al-Qur?an: 1) menggunakan metode tarjim 2) menggunakan buku ajar khusus yang dibuat oleh pengajar metode tersebut 3) memiliki target dan waktu yang jelas selama proses pembelajaran 4) pengembangan kemampuan bahasa Arab peserta didik dengan menghafal mufrodat/ kosa kata Al-Qur?an yang dipelajari. x Faktor pendukung dari proses pembelajaran Al-Qur?an dengan metode tarjim diantaranya: 1) peserta didik tinggal di dalam asrama 2) pembelajaran dilakukan oleh pencipta metode tarjim 3) jumlah peserta didik dibatasi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: 1) latar belakang peserta didik yang berbeda 2) keterbatasan pendidik 3) konsistensi pendidik dalam membacakan arti dan penggalan ayat dalam buku tarjim. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi faktor penghambat tersebut antara lain: 1) penambahan pendidik 2) peserta didik yang sudah paham membantu memberikan penjelasan kepada peserta didik yang belum paham 3) pengembangan kosa kata atau mufrodat. Metode tarjim yang digunakan pada pembelajaran Al-Qur'an di Boarding School SMP Islam Terpadu ASSALAM Kecamatan Bandungan akan lebih efektif jika peserta didiknya sudah lancar membaca Al-Qur?an.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:49
Last Modified: 19 Nov 2020 02:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9961

Actions (login required)

View Item View Item