PERAN GURU KELAS V DALAM MEMBANTU SISWA GAGAL KKM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PROGRAM REMEDIAL TEACHING PADA SISWA MI ISLAMIYAH SENGGRONG ANDONG BOYOLALI TAHUN 2020

KUSUMAWATI, ZULIYANA (2020) PERAN GURU KELAS V DALAM MEMBANTU SISWA GAGAL KKM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PROGRAM REMEDIAL TEACHING PADA SISWA MI ISLAMIYAH SENGGRONG ANDONG BOYOLALI TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Zuliyana Kusumawati Rohmah (23040160136).pdf

Download (6MB)

Abstract

Rohmah, Zuliyana Kusumawati. 2020. Peran Guru Kelas V Dalam Membantu Siswa Gagal KKM Mata Pelajaran IPS Melalui Program Remedial Teaching Pada Siswa MI Islamiyah Senggrong Andong Boyolali Tahun 2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru Kelas; KKM; Remedial Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas V dalam membantu siswa gagal KKM pada mata pelajaran IPS materi peta dan untuk mengetahui langkahlangkah guru dalam pelaksanaan program remedial teaching pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Senggrong Andong Boyolali Tahun 2020. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dimana penelitian ini tidak menggunakan prosedur statistik atau bentuk penghitungan lainnya, namun dengan memberikan rincian yang lebih kompleks. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa, peran guru kelas V dalam membantu siswa gagal KKM mata pelajaran IPS melalui program remedial teaching pada siswa MI Islamiyah Senggrong Andong Boyolali Tahun 2020 telah dilaksanakan oleh guru kelas sesuai dengan prosedur pembelajaran dimana pembelajaran remedial teaching dilaksanakan setelah penilaian terdapat siswa gagal KKM, kemudian menganalisa kesulitan yang dihadapi siswa kemudian melaksanakan pembelajaran remedial sesuai dengan kebutuhan siswa guna mencapai nilai ketuntasan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:55
Last Modified: 16 Nov 2020 09:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9962

Actions (login required)

View Item View Item