PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI PUASA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 2 GRABAG KABUPATEN MAGELANG 2017/2018

HUDA, NURU (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI PUASA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 2 GRABAG KABUPATEN MAGELANG 2017/2018. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI PAI EKSTENSI REVISI AKHIR MUNAQOSAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurul Huda. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Puasa dengan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif 2 Grabag Kabupaten Magelang 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag.,M.Phil. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) Apakah dengan menerapkan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan krativitas siswa. (2) Apakah penerapan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi Puasa kelas VIII MTs Ma’arif 2 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian kelas VIII A sebanyak 22 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan, dan kelas VIII B sebanyak 23 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dimulai dari tanggal 28 Mei 2018 sampai 9 Juni 2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebanyak 22 siswa dan kelas VIII B sebanyak 23 siswa dan satu orang guru kolaborator yaitu bapak Agus Akhmad Mardjuki M.Pd. Hasil penelitian pada pra siklus kegiatan siswa tidak aktif dan kurang kreatif, karena metodologi pembelajaran masih tradisional. Kegiatan siswa pada silklus I lebih aktif dan kreatifitas siswa meningkat, tapi belum maksimal. Sedangkan kegiatan siswa pada siklus II lebih aktif dan kreatifitas siswa meningkat lebih maksimal dari pada kegiatan siklus I. Hal ini ditunjukkan pada hasil belar siswa. Adapun hasil belajar siswa pada pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas kelas VIII A sebanyak 6 siswa dalam persen sebesar 27,27%, dan kelas VIII B sebanyak 5 siswa dalam persen sebesar 21,74%. Pada siklus l siswa yang tuntas kelas VIII A sebanyak 14 siswa dalam persen sebesar 63,63%, dan kelas VIII B sebanyak 17 siswa dalam persen sebesar 73,91%.. Sedangkan pada siklus ll siswa yang tuntas kelas VIII A sebanyak 20 siswa dalam persen sebesar 90,90%, dan kelas VIII B sebanyak 22 siswa dalam persen sebesar 95,65%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa materi Puasa mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas VIII semester l MTs Ma’arif 2 Grabag Magelang Tahun 2018.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:57
Last Modified: 16 Nov 2020 09:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9963

Actions (login required)

View Item View Item