PENDIDIKAN INKLUSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AZIZAH, NURUL (2020) PENDIDIKAN INKLUSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Nurul Azizah Fixzz.. (23010160262)..pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Nurul. 2020. Pendidikan Inklusi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Inklusi; Pendidikan Agama Islam Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. (3) Untuk mengetahui keberhasilan pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan penenelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, Mahasiswa praktek pengalaman lapangan, anak berkebutuhan khusus. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan dilakukan dengan membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi pada materi pendidikan agama Islam sesuai silabus dan RPP. Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah 2013 dan ada modifikasi kurikulum saat pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan papan tulis, proyektor/LCD, leptop. Evaluasi pembelajaran menggunakan tes tertulis dan lisan. (2) Faktor pendukung pembelajaran pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan yaitu adanya kebijakan Kepala Sekolah untuk menerapkan pendidikan inklusi dan fasilitas mendukung untuk pembelajaran, dukungan berbagai pihak serta anak berkebutuhan khusus yang memiliki semangat belajar yang tinggi. Faktor penghambat pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan yaitu kesulitan guru dalam pelaksanaan program pendidikan inklusi dan kesulitan memodifikasi kurikulum. (3) Keberhasilan pendidikan inklusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan yaitu dukungan guru dan siswa normal lainnya serta manajamen pendidikan inklusi, hasil belajar siswa berkebutuhan khusus rata-rata 82 dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 11:03
Last Modified: 16 Nov 2020 04:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9975

Actions (login required)

View Item View Item