PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI MATERI MUNAKAHAT MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING DAN SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XII AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK-SPP DHARMA LESTARI SALATIGA 2020/2021

Fahroni, Umi Ana (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI MATERI MUNAKAHAT MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING DAN SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XII AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK-SPP DHARMA LESTARI SALATIGA 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
UMI ANA FAHRONI PRINT (23010170103).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fahroni, Umi Ana. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti Materi Munakahat Menggunakan Metode Circuit Learning dan Sosiodrama Pada Siswa Kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK-SPP Salatiga 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakuktas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI, Metode Circuit Learning dan Sosiodrama Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti materi munakahat menggunakan metode circuit learning dan sosiodrama pada siswa kelas XII ATPH SMK-SPP Dharma Lestari. Bagaimana peningkatan hasil belajar aspek kognitif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti materi munakahat apabila metode circuit learning dikombinasikan dengan metode sosiodrama pada siswa kelas XII ATPH SMK-SPP Dharma Lestari Salatiga 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus persentase ketuntasan belajar, dinyatakan berhasil sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan metode circuit learning yang dikombinasikan dengan sosiodrama meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada siswa Kelas XII ATPH SMK-SPP Dharma Lestari . Dari prasiklus ke siklus I meningkat 22.26%, siklus I ke siklus II meningkat sebesar 26.3%. Siswa yang tuntas pada prasiklus 12 (44.44%) nilai rata-ratanya 71.29. Siklus I yang tuntas 18 (66.7%) nilai rata-ratanya 74.48. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 25 (93%) nilai rata-ratanya 8.47.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 11:58
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item