Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Manusia dengan Metode Puzzle Pada Siswa Kelas IV Semester I MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Laili, Arihatul (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Manusia dengan Metode Puzzle Pada Siswa Kelas IV Semester I MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI - ARIHATUL LAILI - 11512087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kenyataan bahwa hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Lopait dalam pembelajaran IPA materi Rangka Manusia masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data persentase siswa yang belum tuntas atau belum mencapai nilai KKM pada hasil belajar prasiklus sebanyak 57,69 % atau 15 siswa dari 26 siswa. Permasalahan dalam Pembelajaran IPA yang disampaikan secara monoton dengan menggunakan strategi yang tidak sesuai dengan materi pelajaran, serta keterbatatasan alat peraga mengakibatkan kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, sehingga hasil belajar yang didapatkan tidak mencapai nilai KKM. Dunia anak adalah dunia untuk bermain dan belajar. Anak akan lebih mudah menangkap ilmu jika diberikan lewat permainan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode permainan puzzle sebagai alternatif yang digunakan dalam pembelajaran IPA materi rangka manusia. Karena puzzle merupakan salah satu jenis permainan yang bersifat edukatif yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif, meningkatkan keterampilan motorik halus, melatih nalar dan daya ingat, melatih kesabaran, menambah pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan sosial anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, observasi dengan mengamati perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa penggunaan metode puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi rangka manusia pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Lopait KecamatanTuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Bukti adanya peningkatan hasil belajar IPA adalah persentase hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebanyak 19,23%. Pada siklus I siswa yang tuntas 18 siswa atau 69,23% dan siswa yang belum tuntas 8 siswa atau 30,76% dengan rata-rata 69,53. Pada siklus II siswa yang tuntas 23 siswa atau 88,46% dan siswa yang belum tuntas 3 siswa atau 11,53% dengan rata-rata 79,53% dari 26 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2017 04:40
Last Modified: 10 Mar 2017 04:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item