Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Berbicara dengan Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Tahun Pelajaran 2016/2017

Pangestu, Arum (2016) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Berbicara dengan Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar bahasa Indonesia materi berbicara siswa kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor tahun pelajaran 2016/2017 rendah. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa karena guru masih menggunakan metode konvensional yang lebih banyak ceramah. Sehingga perlu diadakan tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi berbicara. Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi berbicara penulis menggunakan metode bermain peran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar materi berbicara pada siswa kelas III MI Tarboyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang tahun pelajaran 2016/217. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan metode bermain peran pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor, tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi. Serangkaian kegiatan ini disebut satu siklus. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi berbicara mengalami peningkatan. Saat pra siklus nilai rata-rata siswa 59,8, siklus I 66,7, dan siklus II 76,94. Prosentase ketuntasan pra siklus 29,41%, siklus I 64,7%, dan siklus II 94,1%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik bermain peran dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi berbicara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:58
Last Modified: 14 Mar 2017 06:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item