Peningkatan Prestasi Belajar Materi Sifat Bangun Ruang Melalui Metode Example Non Example pada Siswa Kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016

Hidayati, Nur (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Materi Sifat Bangun Ruang Melalui Metode Example Non Example pada Siswa Kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
burn.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa prestasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang masih tergolong rendah. Berdasarkan data dokumen guru dari 26 siswa hanya ada 9 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan sekolah yakni 65. Oleh karena itu diperlukan adanya pembaharuan dalam penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar materi bangun ruang siswa kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko melalui metode Example Non Example. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung:(1) rata-rata nilai tes siswa setiap siklus, (2) persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa setiap siklus, (3) Penilaian aktivitas guru dan siswa setiap siklus. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: Nilai rata-rata tes siklus I yaitu 69,75 dengan persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa sebanyak 65,38%. Nilai rata-rata tes siklus II yaitu 80,19 dengan persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa sebanyak 88,46%. Selain hasil secara kognitif, penerapan metode Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sifat bangun ruang diantaranya dalam hal kerja sama ketika diskusi kelompok, siswa lebih aktif bertanya dan mengungkapkan pendapatnya, serta lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa juga memiliki minat dan motivasi yang lebih kuat sehingga tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan juga meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar materi sifat bangun ruang siswa kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko melalui metode Example Non Example.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2017 07:44
Last Modified: 14 Mar 2017 07:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item