PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMATERI OPERASI HITUNG AKAR PANGKAT TIGADENGAN PENDEKATAN APIQ (ARITMETIKA PLUS INTELIGENSI QUANTUM) PADA SISWAKELASVIMIN 1 SEMARANG KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Parameswari, putri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMATERI OPERASI HITUNG AKAR PANGKAT TIGADENGAN PENDEKATAN APIQ (ARITMETIKA PLUS INTELIGENSI QUANTUM) PADA SISWAKELASVIMIN 1 SEMARANG KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
putri parameswari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MIN 1 Semarang pada mata pelajaran Matematika dengan pendekatan APIQ. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan pendekatan APIQ(Aritmetika Plus Inteligensi Quantum)dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MIN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran matematikamaterioperasihitungakarpangkattiga. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil dengan tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI MIN 1 Semarang, yang berjumlah 37 siswa, yang terdiri dari 20 siwa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan APIQ pada saat pembelajaran matematika. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan APIQdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 70,27% dengan nilai rata-rata 77,83. Pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa yang tuntas atau 91,89% dengan nilai rata-rata 90. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II memberi bukti bahwa penggunaan pendekatan APIQ pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung akar pangkat tiga padasiswakelas VI MIN 1 Semarang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:12
Last Modified: 15 Mar 2017 02:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item