PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PUISI MELALUI METODE WATCH AND ACTION (WA) PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH RINGINANOM KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016

Khuzaefi, Khulukul (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PUISI MELALUI METODE WATCH AND ACTION (WA) PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH RINGINANOM KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Khulukul Khuzaefi (115 12 013).pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia umumnya mengasah kemampuan siswa untuk mau melakukan 4 aspek keterampilan berbahasa yaitu membaca, menyimak, menulis, berbicara. Keterampilan berbahaa merupakan hal yang penting bagi seorang pelajar khususnya, karena dengan menguasai keterampilan berbahasa seseorang akan lebih mudah dalam menangkap pelajaran dan memahami suatu maksud, oleh sebab itu guru sebagai pengajar haruslah lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Namun faktanya masih ada guru yang mengajar monoton. Hal itu membuat siswa bosan dan banyak yang berbicara sendiri akibatnya hasil belajar Bahasa Indonesia rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah penerapan metode watch and action dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Ringinanom Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pre-test, post test, lembar pengamatan dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas III tahun ajaran 2015/2016. Melalui watch and action adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 70 atau 61,3% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 71,9 atau 69,23% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,3 atau 92,3% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode watch and action dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Ringinanom Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2017 03:40
Last Modified: 16 Mar 2017 03:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item