Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Pembelajaran Berbasis Budaya pada Siswa Kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang Tahun Ajaran 20015/2016

Nafi’ah, Istinganatun (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Pembelajaran Berbasis Budaya pada Siswa Kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang Tahun Ajaran 20015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI ISTINGANATUN NAFI'AH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 pada materi sifat-sifat bangun datar. Berdasarkan pengamatan awal diketahui nilai rata-rata siswa kelas V 53,5 dengan KKM 60. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu pembelajaran matematika belum dikemas dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembelajaran berbasis budaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 02 Kec.Kaliangkrik Kab.Magelang tahun ajaran 2015/2016? Apakah melalui pembelajaran berbasis budaya dapat mencapai target KKM kelas untuk mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 02 Kec.Kaliangkrik Kab.Magelang tahun ajaran 2015/2016? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari dengan jumlah 20 siswa dan guru yang mengampu mata pelajaran matematika kelas V. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi, tes formatif dan dokumentasi pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar melalui pembelajaran berbasis budaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasis budaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang tahun ajaran 2015/2016. Dari siklus I 55 menjadi 63,5 pada siklus II terjadi kenaikan 8,5, dari siklus II 63,5 menjadi 70,025 pada siklus III terjadi kenaikan 6,525. Dan melalui pembelajaran berbasis budaya dapat memenuhi target pencapaian KKM pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar. Target KKM kelas yakni presentase ≥85% tercapai pada siklus III dengan presentase ketuntasan sebanyak 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:15
Last Modified: 17 Mar 2017 03:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item