Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Manusia Melalui Metode Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Anwar Jetis Kecamatan Bandungan Tahun Ajaran 2016/2017

Utami, Afifah Nur (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Manusia Melalui Metode Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Anwar Jetis Kecamatan Bandungan Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Anwar Jetis kecamatan Bandungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan metode pembelajaran picture and picture. Masalah yang dikaji adalah apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi rangka manusia pada siswa kelas IV MI Nurul Anwar Jetis kecamatan Bandungan Tahun Pelajaran 2016/2017. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya, 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Rangka Manusia, 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, 4) Reflexting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran picture and picture dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi rangka manusia pada siswa kelas IV MI Nurul Anwar Jetis Kecamatan Bandungan. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 51,3% dan 17 siswa atau 48,7% belum tuntas dengan rata-rata 66,25. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 71, 8% dan 9 siswa belum tuntas atau 28,2% dengan nilai rata-rata 77. Dan pada siklus II ini siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa atau 93,7% dan 2 siswa belum tuntas atau 6,3% dengan nilai rata-rata 88,2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:37
Last Modified: 21 Mar 2017 02:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item