Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bagian-bagian Tumbuhan Melalui Strategi pembelajaran Mind Maps Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Rahayu, Asih (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bagian-bagian Tumbuhan Melalui Strategi pembelajaran Mind Maps Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
REVISI Bab 1-5.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan strategi pembelajaran Mind Maps. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan strategi pembelajaran Mind Maps dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian-bagian tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017?. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Bagian-bagian Tumbuhan. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 13 siwa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Mind Maps pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Mind Maps dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi bagian-bagian tumbuhan. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 65,38% dengan nilai rata-rata 70,77. Pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas atau 88,46% > 85% dengan nilai rata-rata 78,07 dan 3 siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 07:54
Last Modified: 22 Mar 2017 07:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item