Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Tubuh Manusia Dengan Menggunakan Media Torso Pada Siswa Kelas V Semester I MI Darul Falah Tawang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016

Marzuqi, Ahmad (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Tubuh Manusia Dengan Menggunakan Media Torso Pada Siswa Kelas V Semester I MI Darul Falah Tawang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD MARZUQI (NIM 11509018).pdf

Download (4MB)

Abstract

Minimya penerapan media dalam pembelajaran IPA salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi media yang digunakan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Dengan cara berceramah guru kurang efektif dalam menerapkan pembelajaran sehingga cenderung monoton, untuk mendorong motivasi belajar dan hasil belajar siswa lebih sulit dan cepat bosan. Berdasarkan hal tersebut, untuk memperbaiki kelemahan peneliti menerapkan media torso agar dapat meningkatkan hasil belajar dalam belajar IPA materi organ tubuh manusia melalui media torso pada siswa kelas V di MI Darul Falah Tawang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah penerapan media torso dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi organ tubuh manusia pada siswa kelas V MI Darul Falah Tawang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi organ tubuh manusia pada siswa kelas V MI Darul Falah Tawang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes berupa pre test dan post test. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA materi organ tubuh manusia pada siswa kelas V MI Darul Falah Tawang setelah menggunakan media torso. Dari kondisi awal siswa sebelum diadakan penelitian dengan menggunakan media torso motivasi dan hasil belajar siswa menurun. Kemudian setelah menggunakan media torso mengalami perubahan yang sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan semakin meningkatnya aktifitas siswa dari setiap siklusnya dari 15,78% pada kondisi awal, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 15,79% menjadi 31,57%, pada siklus II meningkat 36,83% menjadi 68,4%, dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 21,05% sehingga menjadi 89,45%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:12
Last Modified: 29 Mar 2017 02:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item