Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Benda dan Sifatnya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecematan Argomulyo Tahun Pelajaran 2015/2016

Maftukhah, Ani (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Benda dan Sifatnya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecematan Argomulyo Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi benda dan sifatnya pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun 2016. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo terdiri dari 24 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick hanya 42% atau 10 siswa yang tuntas, sedangkan 58% atau 14 siswa yang tuntas. Setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 75% atau 18 siswa tuntas dan 25% atau 6 siswa tidak tuntas.jika dilihat peningkatannya sebesar 33%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatann hasil belajar pada siklus II sebesar 100% atau 24 siswa tuntas. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 25% dibandingkan siklus I. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi benda dan sifatnya mata pelajaran IPA pada kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:00
Last Modified: 31 Mar 2017 08:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item