Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016-2017

Susilowati, Heri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016-2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi heri.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas II MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2016-2017. Subyek penelitian ini guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelas II MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Susukan Kabupaten Semarang terdiri dari 17 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan mulai April sampai Agustus 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa metode Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas II MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016-2017. Hal ini dibuktikan pada siklus I dari KKM yang sudah ditentukan sebesar 67 dan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85 % menunjukkan bahwa 9 siswamencapai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 53 %. Setelah dilakukan refleksi pada siklus II menunjukkaan 15 siswa tuntas mencapai KKM dengan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 88 %. Dengan demikian, diperoleh hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:01
Last Modified: 06 Apr 2017 02:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item