Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas II MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2015/2016

Ma’rufah, Rosidiana (2016) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas II MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Rosidiana Ma'rufah 11512037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Karangduren Kecamatan Tengaran telah menggunakan metode ceramah dalam pelaksanaan pembelajarannya, tetapi cenderung kurang memperhatikan pemanfaatan media, akibatnya minat serta perhatian siswa rendah, begitu juga dengan prestasi belajarnya. Berdasarkan keadaan tersebut, maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan media kartu bergambar (draw card) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan pada siswa kelas II MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan media kartu bergambar (draw card). Penelitian ini menunjukkan penggunaan media kartu bergambar (draw card) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil tes formatif siswa pada pra siklus 44,45%, siklus I 70,58%, dan siklus II meningkat menjadi 100%. Adapun pencapaian nilai rata-rata kelas pada pra siklus adalah 62,45, siklus I adalah 70,58, dan pada siklus II adalah 84,16. Dari rata-rata tersebut berarti ada kenaikan nilai sebesar 8,13 poin dari pra siklus ke siklus I, dan terdapat kenaikan 13,58 poin dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:42
Last Modified: 06 Apr 2017 02:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item