Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Koopertaif Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas III Di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga 2016/2017

Apriella, Bunga (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Koopertaif Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas III Di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatia pada materi makhluk hidup. Berdasarkan pengamatan awal diketahui nilai rata-rata siswa kelas III 53,5 dengan KKM 70. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu pembelajaran IPA belum dikemas dengan baik.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Makhluk Hidup pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga tahun 2016/2017? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga dengan jumlah 24 siswa dan guru yang mengampu mata pelajaran IPA kelas III.Data hasil penelitian diperoleh dari lembar obserfasi, tes formatif dan dokumentasi pada pembelajaran IPA materi makhluk hidup. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data seperti berikut: Standar KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) hanya ada 21% (5 siswa) yang tuntas, sedangkan 79% (19 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD)dalam pelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 67% (16 siswa) tuntas dan 33% (8 siswa) tidak tuntas, jika dilihat terjadi peningkatan sebesar 46%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 96% (23 siswa) tuntas sedangkan 4% (1 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 17% dibanding pada siklus I. Perbandingan hasil belajar dari pra siklus dengan siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 46%, sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:47
Last Modified: 17 Apr 2017 03:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item