Peningkatan Hasil BelajarMatematikaMateri Bangun Datar MelaluiMetode Make a Match berbantu MediaGambar Pada Siswa Kelas IV MI GubugCepogo Tahun Ajaran 2016/2017

Setiawan, Nur Wahid (2017) Peningkatan Hasil BelajarMatematikaMateri Bangun Datar MelaluiMetode Make a Match berbantu MediaGambar Pada Siswa Kelas IV MI GubugCepogo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi jadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV MI Gubug Cepogo Tahun 2016/2017 pada pelajaran Matematikamateri bangun datar masih rendah rata-rata kelas hanya mencapai 60,7sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Hal ini karena dalam menyampaikan pelajaran matematika, guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan MetodeMake a Matchdapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam membelajarkan Matematika. Metode ini mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi, dan belajar Matematika menjadi lebih menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasmelaluimetodeMake a Matchyang berbantu media gambar. Data dalam peneliti ini diambil dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas IV MI Gubug Cepogo dengan jumlah 14 siswa.Pada siklus I siswa yang tuntas sesuai KKMsebanyak 8 siswa atau 57,14% dan yang belum tuntas 6 siswa atau 42,85% dengan rata-rata kelas 68,57, siklus II yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 90. Dengan melihat hasil kedua siklus di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2017 04:37
Last Modified: 18 Apr 2017 04:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item