Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Melalui Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Pada Siswa Kelas III MI Roudlotul Muta’alimin Sambirejo Kec. Bringin Kab.Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Kurniawati, Indah (2017) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Melalui Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Pada Siswa Kelas III MI Roudlotul Muta’alimin Sambirejo Kec. Bringin Kab.Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SKRIPSI INDAH KURNIAWATI 115-12-046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan siswa kelas III MI Raudlotul Muta’alimin Sambirejo kec. Bringin Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017 rendah.Permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa karena guru masih menggunakan metode konvesional yang lebih banyak ceramah.Sehingga perlu diadakan tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi menulis. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan penulis menggunakan strategi Writing In The Here And Now. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui strategi writing in the here and now dapat mneingkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan siswa kelas III MI Roudlotul Muta’alimin Sambirejo kec. Bringin kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kelas (PTK).PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi. Serangkaian kegiatan ini disebut satu siklus.Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi menulis karangan mengalami peningkatan. Diketahui rata rata nilai siswa mulai dari pre test siklus I, post test siklus I, pre test siklus II, danpost test siklus II mengalami peningkatan. Pada rata rata nilai siklus I pre test sebanyak 45,26 dan post test sebanyak 60. Rata rata nilai pre test siklus II sebanyak 57,36 dan rata rata nilai post test sebanyak 75. Persentasi ketuntasanpre test pada siklus I sebanyak 31,57%,post test siklus I 36,84%. Pada siklus II pre test 47,36% dan hasil post test siklus II sebanyak 84,21%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui strategi writing in the here and now meningkatkan hasil belajar menulis karangan pada siswa kelas III MI Sambirejo kec.Bringin Kab.Semarang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Apr 2017 09:12
Last Modified: 20 Apr 2017 09:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item