Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Klas III B MI Maꞌarif Kumpulrejo 2 Tahun Pelajaran 2016/2017

Hidayati, Peni Nur (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Klas III B MI Maꞌarif Kumpulrejo 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi lingkungan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas III B MI Kumpulrejo 2 Dusun Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo Tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas III B MI Kumpulrejo 2 Dusun Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo terdiri dari 28 siswa yaitu 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai setiap siklus dengan ditandai peningkatan kriteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil dari penggunaan strategi ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: pra siklus sebelum menggunakan strategi ekspositori hanya 42,8% (12 siswa) yang memenuhi KKM, siklus I 71,5% (20 siswa) yang memenuhi KKM yang menunjukkan siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 65,85, sedangkan siklus II mengalami peningkatan sebesar 96,4% (27 siswa) yang memenuhi KKM menunjukkan siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 85, 28. Dengan demikian peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 28,7%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,9%. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan pada para guru dan calon guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, model, metode, strategi, teknik, media pembelajaran yang variatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:38
Last Modified: 27 Apr 2017 07:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item