Hubungan Intensitas Bimbingan Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Banyubiru Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Ajaran 2016/2017

Irawan, Rinaldi Rachmat (2017) Hubungan Intensitas Bimbingan Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Banyubiru Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
RINALDI RACHMAT IRAWAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :Hubungan intensitas bimbingan orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Banyubiru Kec.Banyubiru Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah pada penelitian ini ini 1) Bagaimana intensitas bimbingan orang tua siswa kelas VIII SMP N 1 BanyubiruKec.Banyubiru Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/201.?. 2) Bagaimana kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 BanyubiruKec.Banyubiru Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017?. 3) Adakah hubungan antara intensitas bimbingan orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 BanyubiruKec.Banyubiru Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini 30 siswa yang dipilih secara acak. Menggunakan teknik populasi dan sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data x (intensitas bimbingan orang tua) dan data y (kemandirian belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Intensitas bimbingan orang tua siswa kelas VIII SMP N 1 Banyubiru Kec.Banyubiru Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalam kategori tinggi dengan prosentase 90%. 2) Kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Banyubiru Kec.Banyubiru Kab.Semarang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalam kategori tinggi dengan prosentase 76,67%. 3) berdasarkan perhitungan menggunakan rumus product moment diperoleh hasil rxy (0,926) lebih besar dari rtabel (0,361) pada taraf signifikansi 5% dan rtabel N=30. Berdasarkan hasil penelitian di atas, menunjukkan bahwa ada hubungan positif antaraintensitas bimbingan orang tua dengan kemandirian belajar. sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima atau dibuktikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:21
Last Modified: 27 Apr 2017 08:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item