PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII D DI SMP N 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Fitriyanti, Susi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII D DI SMP N 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BURN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitriyanti, Susi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP N 9 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 9 Salatiga. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakahpenerapanmetodekooperatiftipe TAI (team assisted individualization) dapatmeningkatkanprestasibelajar PAI padasiswakelas VIII di SMP N 9 Salatigatahunajaran 2016/2017?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VIII D di SMP N 9 Salatiga yang berjumlah 29 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti melakukan 3 kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil peningkatan tersebutdapat dilihat dari nilai presentase nilai siswa mulai dari pra siklus sampai siklus II, yaitu: pada pra siklus siswa yang tuntas mencapai nilai KKM berjumlah 1 siswa atau sebesar 3,4%. Memasuki siklus I siswa yang tuntas mencapai nilai KKM berjumlah 14 siswa atau 48,2% yang menunjukan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas yaitu sebayak 13 siswa atau 44,8% dari pra siklus. Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas mencapai nilai KKM bejumlah 28 siswa atau 96,6% yang menunjukan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 48,2% dari siklus I. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:44
Last Modified: 31 Oct 2017 03:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item