PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA BMT TUMANG CABANG AMPEL

Fatmawati, Zuli (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA BMT TUMANG CABANG AMPEL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA BMT TUMANG CABANG AMPEL Sebagai lembaga keuangan yang menjual jasa atas produk-produknya, BMT telah terbukti memberikan fasilitas pelayanan dalam segala aspek yang mempunyai peran pentingd alam perekonomian masyarakat. Karena pelayanan merupakan salah satu kunci pokok agar pengguna jasa tetap membeli produknya, maka setiap BMT lebih mengutamakan pelayanan yang berkualitas. Ampel merupakan daerah yang produktif yang mayoritas beragama Islam dan banyak pengusaha-pengusaha kecil sehingga banyak terdapat lembaga keuangan dan BMT berdiri di sana yang salah satunya adalah BMT Tumang Cabang Ampel, sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Untuk itu agar dapat bersaing dengan BMT lain maka BMT Tumang dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal agar tercipta kepuasan pengguna jasa. Tujuan yang diinginkan oleh penulis dalam Penulisan Tugas Akhir ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan BMT TUMANG Cabang Ampel yang terdiri dari variabel berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan nasabah atau pengguna jasa.Untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah atau pengguna jasa.Untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa BMT TUMANG Cabang Ampel menurut nasabah atau pengguna jasa. Sedangkan kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu pengujian kesahihan dan keterandalan diperoleh berdasarkan perhitungan dengan nilai alpha kesemua variabel dinyatakan terandal karena lebih dari 0,6. Dapat di lihat bahwa variabel reliabilitas sebesar 0,9050, Variabel Responsiveness sebesar 0, 8964, variabel Assurances 0,8249, variabel Emphaty sebesar 0,9174, variabel tangible sebesar 0,8495 dan variabel kepuasan sebesar 0,8456. Variabel assurance mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa BMT Tumang Cabang. Ampel, hal ini dapat di lihat dari besarnya thitung x3 > t tabel, yaitu 4, 063 > 1,6859 diterima dari taraf signifikasi 0,000. Variabel emphaty berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa BMT Tumang Cabang. Ampel dilihat dari besarnya t hitung x4 > t tabel yaitu 1,6859, diterima dari taraf signifikasi 0,054. Variabel tangible mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa BMT Tumang Cabang. Ampel, dilihat dari t hitung > t tabel yaitu 2,263> 1,6859, diterima dari taraf signifikasi 0,030. Hasil analisis koefissen regresi memperoleh persamaan = Y = 1,705 + 0,000 X1+ - 0,123 X2 + 0,462 X3 +0,253 X4 +0,268 X5. Akhirnya setiap pembahasan 1 variabel dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa pada tiaptiap variabel dengan constant 1,705. Hasil uji koefisen determinasi memperoleh (R2) sebesar = 0,676 yang akhirnya variabel independent dapat menjelaskan keputusan pengambilan kredit sebesar 79 %, sedangkan sisanya 21% dijelaskan oleh sebab lain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:57
Last Modified: 15 Mar 2018 07:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item