Perbedaan Hasil Belajar IPS Materi Mengelola Uang dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan Make A Match Pada Siswa Kelas III A dan III B MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017.

Lupitasari, Denny (2017) Perbedaan Hasil Belajar IPS Materi Mengelola Uang dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan Make A Match Pada Siswa Kelas III A dan III B MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LUPITA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LUPITA.pdf

Download (5MB)

Abstract

: Lupitasari, Denny. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Materi IPS Mengelola Uang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD Dan Make A Match Pada Siswa Kelas III A Dan III B MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Drs. Sumarno Widjadipa, M.Ag. Kata Kunci : Perbedaan, Hasil Belajar, Metode STAD dan Make A Match Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan pembelajaran dengan model STAD dengan kelas yang menggunakan pembelajaran dengan model make A Match. Oleh karena itu guru diharapkan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah utama yang akan dijawab pada penelitian ini adalaha: Apakah ada perbedaan hasil belajar IPS materi mengelola uang dengan menggunakan model STAD dan model Make A Match pada siswa kelas III A dan III B MIN Mlaten Mijen Demak tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitianini adalah komparasional, penelitian komparasional yaitu membandingkan seberapa besar tingkat perbedaan antara satu hal dengan hal lainnya. Dengan membandingakan model STAD pada siswa kelas III A dan model Make A Match pada siswa kelas III B MIN Mlaten Mijen Demak tahun pelajaran 2016/2017, dengan subjeknya seluruh peserta didik kelas III A dan III B dengan materi pokok mengelola uang. Adapun soal yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal pilihan ganda dan melengkapi.Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas III A kelas III B. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan t hitung menunjukkan t_hitung = 2,96≥t_tabel = 2,6737 dengan taraf signifikansi 5%maka H_a diterima. Sehingga ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan model STAD dan pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match pada siswa kelas III A dan III B MIN Mlaten Mijen Demak Tahun Pelajaran 2016/27.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:23
Last Modified: 19 Mar 2018 07:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item