Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Di Masyarakat Melalui Metode Demonstrasi Dan Media Miniatur Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Watugede Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Wahyuningsih, Astri (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Di Masyarakat Melalui Metode Demonstrasi Dan Media Miniatur Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Watugede Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyuningsih, Astri. 2018.Peningkatan hasil belajar ips materi aktivitas ekonomi di masyarakat melalui metode demonstrasi dan media miniatur pada siswa kelas IV SD N 2 Watugede Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Media miniatur Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonomi di masyarakat pada siswa kelas IV SD N 2 Watugede Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonomi pada siswa kelas IV SD N 2 Watugede Kecamatan Kemusu Kabupaten BoyolaliTahun Pelajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melaui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi di masyarakat pada siswa kelas IV SD N 2 Watugede Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Melalui metode demonstrasi dan media miniatur ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 13% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi40% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 93% siswa tuntas.Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dan media miniatur aktivitasdapat meningkatkan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonomi pada siswa kelas IV SD N 2

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 01:48
Last Modified: 02 May 2018 01:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4001

Actions (login required)

View Item View Item