PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA SETEMPAT DI MI MIFTAHUL HUDA 01 KALIMARO KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2017/2018

Lestari, Tri Endah (2018) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA SETEMPAT DI MI MIFTAHUL HUDA 01 KALIMARO KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Endah,tri Lestari. 2017. Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV materi keragaman suku bangsa setempat di MI Miftahul Huda 01 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2017/2018.Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbityah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga Dosen Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar.ilmu pengetahuan sosial.Media flashcard. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar mata peljaran IPS pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda 01 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda 01 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan tahun 2017 yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki, 7 siswa perempuan penelitian menggunakan media flashcard pada saat pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 1 prasiklus dan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan (planing) 2) peaksanaan tindakan (acting) 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflekting). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa setempat bagi siswa kelas IV MI Miftahul Huda 01 Kalimaro Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2017/2018.dapat dikeahui dari pra siklus, siklus I, dan siklus II selalu meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari prosentase ketuntas dalam mengikuti pembelajaran hasil pra siklus terdapat 44,44% (8 siswa tuntas ), siklus I 77,78% (14 siswa tuntas), dan siklus II 94,44% (17 siswa tuntas). Dari hasil keseluruhan dapat dinyatakan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda 01 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun 2017/2018 telah berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 07:15
Last Modified: 02 May 2018 07:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item