HUBUNGAN ANTARA BUDAYA MEMBACA DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI ANGGASWANGI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rohmaniah, Nailil Fadhilatur (2018) HUBUNGAN ANTARA BUDAYA MEMBACA DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI ANGGASWANGI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rohmaniah, Nailil Fadhilatur. 2018. Hubungan Antara Budaya Membaca dan Fasilitas Perpustakaan Dengan Minat Baca Siswa di SD Negeri Anggaswangi Kec. Godong Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Budaya Membaca, Fasilitas Perpustakaan, Minat Baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya membaca dan fasilitas perpustakaan dengan minat baca siswa di SD Negeri Anggaswangi Kec. Godong Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana budaya membaca SD Negeri Anggaswangi Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 ? (2) Bagaimana fasilitas perpustakaan di SD Negeri Anggaswangi Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 ? (3) Bagaimana minat baca siswa SD Negeri Anggaswangi Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 ? (4) Adakah hubungan anatara budaya membaca dan fasilitas perpustakaan dengan minat baca siswa di SD Negeri Anggaswangi Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 ? Berdasarkan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dipakai untuk memahami hubungan antara variabel bebas yakni budaya membaca dan fasilitas perpustakaan dengan variabel terikat yakni minat baca siswa. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan angket dan dokumentasi. Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan anlisis dengan cara: (1) Analisis pendahuluan dengan perhitungan persentase. (2) Analisis lanjutan dengan perhitungan rumus kolerasi product moment. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Budaya membaca di sekolah di SD Negeri Anggaswangi Kec.Godong Kab.Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 pada umumnya dalam kondisi tinggi. Terbukti 62,8% dari 43 siswa yaitu 27 siswa dalam kondisi tinggi. (2) Fasilitas perpustakaan di SD Negeri Anggaswangi Kec.Godong Kab.Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 pada umumnya dalam kondisi tinggi. Terbukti 67,4% dari 43 siswa yaitu 29 siswa dalam kondisi tinggi. (3) Minat baca siswa di SD Negeri Anggaswangi Kec.Godong Kab.Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 pada umumnya dalam kondisi tinggi. Terbukti 90,7% dari 43 siswa yaitu 39 siswa dalam kondisi tinggi. (4) Berdasarkan penghitungan data kolerasi ganda, nilai sebesar 0,735 yang mana nilai r terletak pada peringkat antara 0,70 – 0,900 yang berarti kolerasi kuat atau tinggi. Maka hipotesis penelitian ini yang menyebutkan bahwa budaya membaca dan kelengkapan fasilitas perpustakaan berhubungan dengan minat baca siswa di SD Negeri Anggaswangi Kec.Godong Kab.Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:02
Last Modified: 03 May 2018 04:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item