PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI FALAHUL MUKMININ 02 KEC. PABELAN KAB. SERAMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nuryadin, Muhammad Arif (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI FALAHUL MUKMININ 02 KEC. PABELAN KAB. SERAMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nuryadin, Muhammad Arif. 2018.Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas IV MI Falahul Mukminin 02 Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci : Hasil belajar,Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Make a Match. Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar peserta didik yang dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya pada siswa kelas IV MI Falahul Mukminin 02 Kec. Pabelan. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya di MI Falahul Mukminin Tahun Pelajaran 2017/2018?. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari rangkaian kegiatan yang berupa (1) Planning, (2) Acting, (3) Observing, (4) Reflecting. Digunakan lembar tes untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa. Data tersebut kemudian diolah secara kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran IPS meningkat. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan hasil rata-rata pada tiap siklus, rata-rata hasil belajar kelas IV sebelum melakukan penerapan metode Make a Match yaitu 63,91 dengan ketuntasan 34,78%. Pada siklus I setelah dilakukan penerapan metode Make a Match, siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 siswa atau 73,91% dari keseluruhan siswa dengan nilai rata-rata 72,60. Pada siklus II pembelajaran dengan menggunakan metode Make a Match telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa yaitu sebanyak 22 siswa atau 95,65% telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 83,04.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:43
Last Modified: 03 May 2018 04:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item